Launching Grobogan Computer Security Incident Response Team (GroboganKab-CSIRT)

By Admin in Berita Keamanan Siber

Berita Keamanan Siber

Kabupaten Grobogan Computer Security Incident Response Team (GroboganKab-CSIRT) resmi dilaunching, Selasa (19/12/2023). Launching di Hotl Front One ini dilakukan Asisten II Setda Grobogan Heru Dwi Cahyono mewakili Bupati Grobogan. GroboganKab-CSIRT bertujuan sebagai Tim Tanggap Insiden Siber untuk melakukan penanggulangan insiden, mitigasi insiden, investigasi insiden, serta pemulihan pascainsiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

Asisten II Setda Grobogan Heru Dwi Cahyono mengungkapkan, di era globalisasi informasi dan industri 4.0 menuju Society 5.0 keberadaan data menjadi komoditas yang sangat penting mengingat implementasi teknologi informasi telah merambah ke berbagai sektor salah satunya adalah sektor pemerintah melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE.Oleh karenanya SPBE diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan Untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.Namun seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi muncul berbagai potensi kerawanan dan ancaman cyber atau Cyber Attack seperti pishing hingga membuat infection. Data laporan anomali traffic BSSN bulan Januari sampai dengan Agustus 2023 terdeteksi 270 juta anomali dan 75,4% terindikasi berhasil menginfeksi target.

”Melihat betapa pentingnya keamanan data dan informasi serta bahaya yang timbul akibat serangan cyber maka pada 17 Oktober 2022, Pemerintah Kabupaten Grobogan membentuk satu tim khusus yang dinamakan Grobogan Computer Security Insiden Respon tim atau GroboganKab-CSIRT,” jelasnya.

Dijelaskan, ada beberapa jenis layanan GroboganKab-CSIRT. Yang pertama, layanan reaktif yaitu layanan utama yang bersifat prioritas. Terdiri dari pemberian peringatan terkait laporan insiden siber berupa kegiatan menerima menanggapi dan menganalisis insiden cyber dan penanganan insiden cyber.Yang kedua, layanan proaktif yang bersifat tambahan, GroboganKab-CSIRT secara aktif membangun kapasitas sumber daya keamanan cyber melalui kegiatan Penanganan kerawanan sistem elektronik, Penanganan artefak digital, Analisis risiko keamanan siber, Audit dan penilaian keamanan serta Pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber.

”Untuk mendukung layanan tersebut, diperlukan adanya upaya pengamanan informasi dan penanganan insiden yang didasarkan pada tata kelola dan kebijakan. Hal ini guna menjamin ketersediaan, integritas dan kerahasiaan data terpenuhi,” sambung Heru.

Selain didukung oleh kebijakan dan tata kelola, tim CSIRT Kabupaten Grobogan juga didukung oleh infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang berkompeten serta memiliki tugas di bidang pengamanan data dan informasi. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Grobogan juga memiliki monitoring sistem yang terdapat di Data Center Pemerintah Kabupaten Grobogan didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan selalu update dalam teknologi.
GroboganKab-CSIRT juga memiliki layanan pengaduan keamanan informasi berbasis tiket dapat diakses melalui website lapor.csirt.grobogan.go.id dengan mengisi form yang tersedia. Adapun Website GroboganKab-CSIRT dapat diakses melalui website dengan alamat csirt.grobogan.go.id.

Back to Posts