4 Tanda Laptop Kita Diretas. Cek dan Waspadalah!

By Admin in Peringatan Keamanan

Peringatan Keamanan
Laptop adalah barang pribadi yang menyimpan banyak hal, dari urusan pekerjaan hingga tempat berseluncur ria di dunia maya. Karena itu, data dan informasi yang disimpan di dalam laptop sangat berharga.
Nah, mulai sekarang, kamu harus hati-hati apabila menemukan tanda aneh di laptop yang bisa mengindikasikan peretasan. Berikut ini tanda laptop kamu diretas oleh orang tidak bertanggung jawab, melansir Fox News.

1. Lampu indikator webcam
Cahaya pada lampu indikator webcam akan menyala ketika kamera digunakan. Tapi, tidak sedang digunakan kok lampu menyala? Wah, perlu waspada. Bisa jadi seseorang sudah meretas webcam kamu.

2. Cek storage file
Jika kamu melihat ada audio dan video, atau file yang tidak pernah kamu buat sebelumnya, perlu waspda ada orang lain yang sudah memantau kamera laptop kamu. Pastikan untuk mengecek settings guna mengetahui lokasi penyimpanan audio dan video berada.

3. Aplikasi tidak dikenal
Selain file tidak dikenal, kamu juga harus mewaspadai aplikasi asing. Ada kemungkinan, komputer kamu telah terinfeksi oleh malware sehingga muncul aplikasi yang bisa menggunakan webcam tanpa izin.

4. Hasil scan malware
Gunakan secara rutin aplikasi antivirus guna mengetahui adakah malware atau hal berbahaya di dalam laptop. Software antivirus dan sejenisnya biasanya dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan yang terjadi di perangkat dan mengeleminasi malware.

Sumber: inet.detik.com
Back to Posts